5 Cara Memperpanjang WiFi Anda Di Rumah

Cara memperpanjang WiFi di rumah

Apakah WiFi rumah Anda macet di sudut tertentu? Untungnya menurut prokompim-subang.id, ada beberapa cara mudah untuk memperluas WiFi di seluruh rumah Anda. Anda juga dapat menentukan penyebab kemacetan jaringan dan memperbaikinya dengan menambahkan beberapa perangkat. Jadi, Anda dapat memilih salah satu dari 5 cara untuk memperpanjang WiFi Anda.

1. Ubah lokasi router WiFi

Apakah itu penting? Ya, penempatan router Wi-Fi broadband Anda (atau perangkat gateway jaringan lainnya) secara langsung memengaruhi jangkauan sinyal Anda. Jika tidak percaya, Anda dapat mencoba memindahkan router ke lokasi lain untuk menghindari penyumbatan atau gangguan dari perangkat Wi-Fi Anda. Secara umum, sinyal Wi-Fi dapat terganggu oleh dinding bata atau plester, oven microwave, atau telepon nirkabel. Interferensi dari perangkat elektronik biasanya menimbulkan gelombang yang dapat mengganggu frekuensi gelombang antar perangkat.

2. Ganti antena router

Apa bedanya dengan antena router tradisional? Banyak router modern menggunakan antena terpisah karena kemampuan antenanya tidak mengakomodasi sinyal jaringan secara optimal. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan fungsi antena router (gateway) dengan antena yang lebih bertenaga. Beberapa router yang lebih baru sudah menawarkan kemampuan antena yang andal, dan sayangnya router ini dihargai dengan harga premium.

3. Tambahkan penguat sinyal

Penguat sinyal Wi-Fi, juga dikenal sebagai penguat sinyal, biasanya dihubungkan melalui antena ke router, titik akses, atau klien Wi-Fi yang terhubung. Penguat dua arah dapat digunakan untuk memperkuat sinyal radio untuk mengirim dan menerima data. Karena WiFi menggunakan transmisi sinyal dua arah, amplifier dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan sinyal secara optimal.

4. Gunakan titik akses (AP) nirkabel tambahan.

Mengapa saya harus menambahkan semuanya? Dengan lebih banyak titik akses, jangkauan WiFi Anda dapat menjangkau setiap sudut ruangan yang sulit dijangkau atau bahkan balkon luar rumah Anda. Jika Anda menggunakan titik akses tambahan, Anda dapat menghubungkannya ke router utama Anda. Dengan cara ini, Anda dapat memanfaatkan kemampuan tambahan AP yang menggantikan router utama Anda dengan jaringan yang lebih andal. Berkat fitur ini, banyak router kini menawarkan “Access Point Mode” untuk kenyamanan fungsi titik akses ini.

Baca Juga  WhatsApp Lebih Baik Meninggalkan Inggris Daripada Membuka Enkripsi End-to-end

5. Menambahkan extender WiFi untuk mengirim sinyal lebih jauh.

Apa yang Anda lakukan, atau apa yang Anda lakukan? Alat ini adalah perangkat mandiri dalam jangkauan router nirkabel atau titik akses WiFi Anda. Anda dapat menggunakan fungsi alat ini sebagai relai dua arah untuk transmisi sinyal. Meski lokasi klien jauh dari router atau access point, tetap bisa mengakses jaringan nirkabel lokal yang sama berkat fitur WiFi extender.

Jadi, alat tambahan apa yang Anda butuhkan untuk menggunakan WiFi di rumah Anda?