Jokowi dapat Resmikan Tol Serpong-Cinere & Kunciran-Cengkareng

by -0 views

Jakarta, ARTISVIRAL.ID Indonesia – Jalan Tol Cengkareng – Batu Ceper – Kunciran sepanjang 14,19 km dan Tol Serpong – Cinere Seksi I Serpong Pamulang sepanjang 6,5 km dapat diresmikan antara Kamis (1/4).

Kedua ruas tol yang yaitu bagian berasal dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR II) yang dibangun untuk melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Metropolitan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) rencananya dapat diresmikan segera oleh Presiden Joko Widodo.

Harapannya jalan tol ini bisa langsung operasi karena telah ditunggu masyarakat,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di dalam pernyataan resminya, Selasa (30/3).

BACA  Nasabah Teriak-teriak Rugi, Ini Tanggapan berasal dari Prudential


Staf Pakar Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja yang juga juru berkata Kementerian PUPR menyatakan, jalan tol ini dapat melengkapi ruas tol JORR II di sisi Barat, yang telah dinantikan masyarakat Tangerang dan Tangerang Selatan.

“Ini juga menjadi alternatif lain berasal dari Jawa Barat dan Jakarta bagian Selatan untuk menuju Bandara Soekarno Hatta,” tutur Endra.

Untuk Jalan Tol Cengkareng – Batu Ceper – Kunciran, Endra menyebutkan secara keseluruhan fungsi badan utama jalannya telah selesai dan berfungsi bersama baik. “Tinggal perapihan (finishing) di kurang lebih titik seakan-akan guard rail dan marka jalan, tidak mengganggu fungsi utama tol berasal dari gate ke gate,” ujarnya.

BACA  Ambisi Nadiem: Semua Sekolah RI Tatap Muka Terbatas Juli 2021

Berdasarkan data progres konstruksi Jalan Tol Cengkareng – Batu Ceper – Kunciran kala ini sudah mencapai 94,08 %. Ruas tol ini dikelola oleh PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) bersama biaya konstruksi sebesar Rp 1,96 triliun.

Pembangunan Tol Cengkareng – Batu Ceper – Kunciran terbagi menjadi 4 Seksi, yakni Seksi I (Kunciran – Tirtayasa) sepanjang 2,04 Km, Seksi II (Tirtayasa – Benteng Betawi) sepanjang 3,52 Km. Kemudian Seksi III (Benteng Betawi – H.Sastranegara) sepanjang 6,57 Km, dan yang terakhir Seksi IV (H.Sastranegara – SS Benda) sepanjang 2,06 Km.

BACA  Kapal Ever Given Bebas, Ini Potret Terbaru Terusan Suez

Tol Cengkareng – Batuceper – Kunciran dapat dilengkapi 5 Gerbang Tol (GT), yaitu GT Kunciran, GT Tirtayasa, GT Buaran Indah, GT Tanah Tinggi, dan GT Husein Sastranegara. Selain itu juga dilengkapi juga 3 Simpang Susun (SS) yakni SS Kunciran, SS Belendung, dan SS Benda.