KNKT Butuh Saat Seminggu ‘Download’ CVR SJ 182

by -4 views

Jakarta, ARTISVIRAL.ID – Kotak hitam berisi cockpit voice recorder (CVR) pesawat Sriwijaya Air nomer penerbangan SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu udah ditemukan.

Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Soerjanto Tjahjono meyakinkan paling lama hasil transkrip Cockpit Voice Recorder (CVR) paling cepat 3 hari hingga satu minggu. Nantinya hasil transkrip itu dapat dicocokkan bersama hasil Flight Data Recorder.

BACA  Ambisi Nadiem: Semua Sekolah RI Tatap Muka Terbatas Juli 2021

“Kami belum bisa berbicara secara kompleks, paling cepat itu tiga hari hingga seminggu untuk transkripnya,” tahu Soerjanto di JICT 2, Tanjung Priok, Rabu (31/3/2021).

Kondisi CVR yang ditemukan juga didalam kondisi yang baik, sehingga seharusnya sistem pembacaan bisa dilakukan lebih gampang.

Selain itu Soerjanto, bercerita penemuan CVR itu yaitu metode baru yang digunakan oleh KNKT dan tim. Di dalam pencarian mula-mula padahal telah dikerahkan 40 penyelam yang disebar antara area 90×90 meter itu dekat pulau laki, Kepulauan Seribu.

BACA  Gempa M 5,5 Guncang NTB, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

“Efektifnya penyelam itu dibawah laut Hanya 20 menit lihat kemampuan manusia, kala itu tersedia 40 penyelam kami sebar di area 90×90 meter. Padahal area itu kami lewati berkali-kali. Namun satu setengah bulan tidak ketemu. Akhirnya kami gunakan kapal Dredging (Kapal penghisap lumpur), ini baru pertama kami lakukan,” kata Soerjanto.



[Gambas:Video ARTISVIRAL.ID]

BACA  Jokowi dapat Resmikan Tol Serpong-Cinere & Kunciran-Cengkareng

(dru)