Perjalanan Karier Aria Baron Bersama /rif dan Gigi

by -0 views

JAKARTA – Industri musik Tanah Air lagi kehilangan talenta terbaiknya. Aria Baron, mantan gitaris band Gigi mengembuskan napas terakhirnya di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, antara Selasa (29/6/2021), pukul 10.15 WIB. 

Aria Baron memulai karier bermusiknya berasal dari ajang kompetisi gitar kala masih SMA. Dia meraih gelar gitaris terbaik Light Music Contest Yamaha berasal dari th 1986 sampai 1988. Berasal dari sini, dia kemudian membentuk Badai Band bersama Andi, Iwan, Abi, Ade, dan Dwi. 

Band yang kemudian dikenal bersama dengan nama /rif (Rhythm in Freedom) itu terbilang populer di Bandung. Baron pun memutuskan hengkang berasal dari band selanjutnya dan membentuk band baru bersama Armand Maulana, Dewa Budjana, Ronald Fristianto, dan Thomas Ramadhan. 

Aria Baron menghabiskan sementara yang cukup singkat bersama Gigi. Selesai band itu merilis dua album perdana, ‘Angan’ (1994) dan ‘Dunia’ (1995) dia lagi mengundurkan diri. 

Lepas berasal dari Gigi, Baron hijrah ke Amerika Serikat untuk melanjutkan pendidikan di Communication Arts, New York Institute of Technology. Selesai menyelesaikan pendidikan pascasarjana, dia membentuk NO! Band bersama E’el, Adi Dharmawan, dan Donny Suhendra. 

Baca juga: Aria Baron Berpulang, Melly Goeslaw: Bahagia di Surga Allah

NO! band kemudian berubah menjadi Baron Band, bersama dengan perubahan formasi: Baron (gitar), Arry Safriadi (vokal), dan Adi Dharmawan (bass). mereka merilis Baron Volume 01 antara 2002 di bawah naungan label BMG Music Indonesia. 

Antara 2008, Baron lagi menelurkan karya baru bersama dengan meluncurkan band Baron Soulmates bersama dengan album debut ‘Flying High’ dan single hit Jatuh Cinta. Antara 2010, Aria Baron dan bandnya merilis album kedua, ‘The Winner’.*

Baca juga: 3 Perceraian Termahal Bollywood, Tersedia yang Bayar Tunjangan sampai Rp700 Miliar